Kamis, 20 September 2012

Casual? Emmm….

Casual.


Emmm, yang ku maksud disini adalah pekerjaan paruh waktu yang biasanya digunakan disebuah restoran/ hotel/ event event tertentu. Dan ya, entah darimana sebutan itu, tapi banyak orang yang menamainya “casual”.


Aku mulai kenal sama kerjaan itu pas SMK kelas 3 dulu, waktu itu seakan akan “casual” lagi booming booming nya. Apalagi buat pelajar pelajar yang butuh uang saku tambahan. Pas itu, ada temenku yang nawarin ke temen kelas, sapa aja yang mau ikut dia casual di salah satu hotel ternama di Surabaya. Pas itu aku pengen ikut, katanya lumayan bisa dapet uang 50 rb. Hmmm.. tapi pas aku mau bilang mau ikut, langsung dilarang keras sama oppa. Haha. Ya, ya. Cukup beralasan. Dan akhirnya aku mengurungkan niatku buat ikutan.


Well, hari itu, atau saat saat itu, aku habis diceritain sama adik sepupuku yang sekolah jurusan perhotelan dan dia udah beberapa kali ikut casual. Pas main kerumahnya, dia cerita, kalo beberapa hari yang lalu, kakak sepupuku ikut casual sama dia. Aku kaget. Kagetnya, soalnya kakak sepupuku itu termasuk study harder gitu, dan gak nyangka banget, dia mau ikutan kerja kali ini. Apalagi kerja casual. Berbekal cerita itu, yang menurutku “menarik”, akupun mengajukan diri, buat jadi tenaga casual, kalo ada event lagi.

Dan, seminggu kemudian, aku ditawarin sama adik sepupuku tadi buat casual disalah satu restoran cina di Surabaya, dan tanpa basa basi, aku menerimanya.
Hari itu, hari minggu, aku bangun cukup siang. Ya, aku selalu berusaha memanjakan diri di hari minggu setelah seminggu bekerja. Jadwal casual masih jam setengah lima sore. Tapi aku udah berencana buat datang lebih awal kerumah adik sepupuku tadi, buat belajar maen gitar dulu sama om. Dan sekitar jam dua siang an, aku berangkat kerumah adik sepupuku. Nyampek disana, rame banget, temen temen om ku pada ngumpul semua,dan ya ya, mereka lagi nyanyi nyanyi bareng. Yahh, rencanaku belajar gitar gagal total. Padahal udah dateng jam segitu. Sambil nunggu adik sepupuku pulang magang, aku tiduran dulu sambil sms an. Oh ya, hari itu aku udah niat keniatan banget buat casual, pake celana hitam (kain), pake kaos kaki, pake flat shoes, bawa harnet. Niat banget kan? Untungnya aku gak pake acara deg degan segala. Haha. Kayak mau ngapain aja. :p
Adikku dateng, dan oke, kita berangkat. Sebelum berangkat omku nanya,

“Mau kemana seh?”

“Emmm..” aku nyengir nyengir

“Casual om “ dijawab adikku

“Emang kalian dapet uang berapa seh casual casual?” lanjut omku

“30 rb om..” adikku nyaut

“Udah gak usah casual, sini loh duduk duduk aja, ntar om kasih uang” omku kayak nyegah aku berangkat

“Enggak ah om, aku pengen tau rasanya :D “ jawabku riang.



Dan setelah denger jawabanku tadi, om ku langsung diem. Mungkin dalam hatinya bilang ( oalah, sak karepmu ndug…) haha. Peace om !!

Nyampek sana, langsung ganti baju pake seragam restoran itu. Ya ya, karena itu adalah restoran cina, jadi seragamnya ya ala cina gitu. Warna merah maron, dan kancingnya shanghai. Buat aku, baju itu super kedodoran, but I don’t care lah, meskipun kedodoran tapi not too bad :o

Jam 5, udah nyiapin meja. Pas itu, aku belum bisa apa apa. Gatau mannernya. Jadi aku minta diajarin dulu sama adikku yang lebih berpengalaman di bidang ini. Hmm..

Jam 6, tamu tamu udah mulai datang. Saatnya action. Haha. Sebenernya casual itu simple sih. Tugasnya, Cuma nuang minuman, sama nganter makanan ke tamu. Haha. Simpel, tapi tentu aja, gak sesimpel itu juga. Aku yang baru pertama kali (dan gak janji buat yang kedua dan seterusnya) pun awalnya enjoy, tapi lama lama.. huw, tangan kiriku sakit. Tau kenapa? Pas itu, mannernya nuang minum adalah, tangan sebelah kiri, megang pitcher(teko dari kaca/beling itu loh tau kan?) dan kanan tangan megang gelas tamu, karna aku pemula, dan tanganku tergolong tangan kurus dan kecil, aku, keberatan. Hmm.. untungnya ada adikku, jadi aku Cuma bawa satu pitcher di tangan kiri, adikku, hebat. Dia bawa dua pitcher, tangan kanan dan kiri. Sambil muter meja tamu. Huuhh..

Dan parade makanan pun dimulai. Hari ini ada sekitar 6 menu yang dihidangkan ke tamu. Oh ya, ini event nikahan orang cina. Hehe. Ada tayangan foto foto pre wednya, sampek sampek pas aku sama adikku keasikkan liat videonya, dimarahin sama pengawas disitu, haha, jujur aja pas dimarahin aku gak takut sama sekali, beneran, malah aku nahan ketawa dalam hati. Hihi.. I’m sorry to say ya bu. :D

Emang paling enak ya jadi tamu itu. Udah makan enak, dilayanin pula. Haha. Dan ya ya, mereka makan ke enam enamnya hidangan itu. Salut!. Aku udah kepayahan banget naik turun tiga kali, gara gara, minumnya keabisan. Tapi semangat aja lah!! Ini kan mauku sendiri. Rasa rasain aja sendiri!! Haha.

Jam setengah sepuluh, beresin meja. Jam 10 pulang deh.

Dan hari itu, mereka menghargai tenagaku 30 rb. Ya itu buat 5 jam kerjaku. Hah?

Kerja secapek itu?

Oke, jangan dibahas. Karena aku disini Cuma pengen tau rasanya. Iya kan?

Anggap saja, cerita yang aku dapat hari itu, tak ada apa apanya di banding uang 30 rb ditanganku sekarang.

Dan yaa.. aku sekarang udah punya cerita tentang casual :D



Kesimpulanku hari itu,

Ya, aku memutuskan buat nggak ikutan casual lagi. Hmm. Entah kapok atau apa, tapi mungkin aku lebih menghargai waktu 5 jam itu untuk mengistirahatkan tubuhku yang aku paksa kerja terus. Buat kamu yang suka casual, aku salut. Pasti kalian punya stamina yang jauh lebih kuat dari aku, punya rasa cuek yang jauh lebih dari aku. Hebat. Buat kalian yang tertarik ikut casual, karena butuh uang, emmm, casual bisa jadi alternatif. Casual itu halal kok. Dan prosesnya mudah. Gak perlu pake ijasah buat nglamar, asal ada yang ngajakin, pasti semuanya jadi gampang. Gak harus pinter, berpenampilan menarik, tinggi minimal 167 cm (kayak miss Indonesia aja) haha. Cuma modal niat, celana hitam, flat shoes+kaos kaki, dan harnet, buat cewek. Buat cowok, sama. Kecuali pake harnet tentunya.

Buat kamu, yang pengen iseng ikut casual kayak aku. Aku saranin, mending jangan deh :D. haha. Bukannya takut nyesel nantinya, tapi yaa, lebih disayang sayang aja badannya, casual itu capek loh, beneran. Apalagi yang besok paginya sekolah, mending lima jam nya buat ngerjain tugas atau baca buku. Udah deh, udah aku wakilin kan ngerasain casual iseng isengan? :o

Tapi kalo kamu masih penasaran juga, pengen nyoba rasanya dan biar pernah casual, ya, silahkan saja. Udah aku kasi tau caranya kan?

Semoga nambah wawasan kamu :D



FYI :

“ Honor casual itu macem macem di range 30 rb – 60 rb, tergantung tempat atau gedung atau restorannya. Waktu kerjanya pun macem macem, dari yang cuma 5 jam sampai 9 jam…”

You want to try? :p

4 komentar:

  1. Hehe lucu juga ya cerita nya aku pernah ikut casual cuma temen kerja nya yg g asik masa baru pertama udh mau ngerjain semua,mana tau dimna tmpat gelas atau yg lain nya hemm sialan jdi harus nanya" tiap menit udh semua pada sibuk lagi, dri pada bingung aku cuci gelas aja soal nya udh menumpuk, jam 7 waktu makan malam tiba uhhh mulai deh super sibuk lagi ngantar makanan begitu lah casual emang kerja nya capek dari jam 2 sampai jam 11 aku dikasi 80rbu haha gpp lah pengalaman itu mahal yg penting udh pernah😁😁

    BalasHapus

Share yukk :))