Rabu, 15 April 2020

Catatan Tahun 2020 : “Aku Harus Meninggalkan Jejak”


April 2020

Setengah sebelas siang, segelas beng-beng drink hangat, dan backsound kicauan burung lovebird yang cukup berisik tapi ga ganggu

Kali ini ga perlu terlalu mengumpulkan effort buat nulis ini, karena ada tenaga endogen dari dalam diriku yang membuatku tergerak untuk ‘mengabadikan’ apa yang yang kurasakan di tahun ini. It will be random post maybe, I just wanna write what’s on my mind right now.

Tahun 2020, tahun yang beberapa tahun lalu dibayanganku, aku bakal menikah di tahun ini karena ulang tahunku tahun ini ditanggal cantik, kece buat tanggal pernikahan. Oke, itu bayanganku di beberapa tahun lalu. Kenyataannya, aku masih sibuk sama diri sendiri dan perbaikan diri, udah mulai suka sama orang lagi, tapi orangnya gatau suka sama aku apa enggak, tapi untuk sekarang kayaknya belum. Heu. Oke lanjut.

1 Januari lalu, ada kabar duka di keluarga besar alm Ayah. Suami tanteku meninggal dunia, tepat di malam tahun baru. Kegiatanku diawal tahun ini adalah takziyah, menangis sekeluarga karena kehilangan saudara.

Aku nggak menyangka bahwa setelah itu ada kabar-kabar buruk yang lain. Dan ini berlaku untuk semua orang. Tahun ini, generasiku, merasakan yang namanya kedatangan ‘virus’. Jika kamu ingin tahu gambaran singkat tentang bagaimana keadaan yang terjadi sekarang, kamu bisa menonton film Contagion tahun 2011. Kurang lebih itu yang terjadi, namun dalam versi filmnya lebih di dramatisir. Mengenai film itu sendiri, aku baru nonton setelah banyak orang membicarakannya jadi efek kagetnya ga gimana-gimana. Tapi cukup dibuat gedeg juga, kenapa, yap….. 10 tahun lalu, penulis film itu sudah menulis ceritanya. Kemungkinannya, pertama, kebetulan. Kedua, dia peramal. Ketiga, dia dapet data rahasia.

Entah mengapa, aku percaya dengan kemungkinan ketiga. Karena film itu terlalu detail untuk sebuah kebetulan dan terlalu saintis untuk seorang cenayang. Well balik ke dunia nyata.

Ah, ya. Virus ini dinamai COVID-19. Corona Virus Disease 2019. Karena pertama kali muncul tahun 2019. Berbeda dengan di film yang penyebab awal virus bisa di tracking, yang terjadi di dunia nyata, enggak semudah itu. Karena penyebaran virus ini bertepatan dengan momen Tahun Baru Imlek, yang mana ya….orang-orang china pada pulkam, terus pas balik ke negara rantauan, tanpa mereka sadari mereka membawa virus itu. Tapi disini aku ga bermaksud nyalahin siapa-siapa, karena siapa juga yang mau kena virus itu? Kurasa mereka pun ga mau. So, virus ini mungkin memang udah ditakdirkan turun di tahun 2020 ini.

Meskipun virus itu udah muncul 2019, tapi Indonesia masih santuy abis pas awal-awal virus itu muncul. Banyak meme dan dagelan-dagelan yang pas itu masih lucu pas aku baca. Sampai pada bulan Januari-Februari aku mulai ngerasa bahwa meme itu udah mulai ga lucu lagi. Kerjaanku, yang bikin aku banyak baca ini itu, secara ga langsung ngebuat aku baca banyak hal termasuk berita internasional ini, yang makin lama makin mengkhawatirkan. Aku Cuma berfikir, kayaknya tinggal tunggu waktu virus itu nyampe di negara ini.

Saat itu aku juga udah mulai mempersiapkan diri, udah beli handsanitazer, bikin disinfektan, makan ini dan itu, serta satu hal yang paling susah yaitu, mengedukasi keluargaku sendiri supaya lebih aware sama diri sendiri. Jujur awalnya berat banget, tapi karena aku ga pengen aku menyesal sama diri sendiri, jadi aku rajin cerita ini itu ke ibu, ke adek-adekku, sampai akhirnya mereka ngikutin apa yang omongin. Kamu pasti juga melakukannya kan, berusaha sekuat tenaga jaga keluarga :)

Tulisan ini pun dibuat saat aku ngerjain kerjaanku di rumah, alhamdulillah sekarang pekerjaanku termasuk yang bisa dikerjain di rumah. Diluar sana, sekolah-sekolah dan kampus diliburkan. Banyak juga orang yang kerja dirumah, juga banyak orang yang kehilangan pekerjaannya karena dampak dari kebijakan yang mau gamau harus dilakukan untuk menekan korban kematian karena virus ini, dan ya memang hanya itu caranya.

Masih banyak yang ingin aku ceritakan, akan aku lanjutkan di hari-hari setelah ini.
BERTAHANLAH, teman-teman :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share yukk :))