Jumat, 24 April 2020

Cabin Fever


Kurasa semua orang di dunia sekarang lagi ngalamin fase demam kabin itu, sebagai efek samping dari karantina mandiri, #dirumahaja. Tentu aja termasuk aku, tanpa keraguan.

Aku jadi gampang ngantuk, sering insecure, resah, demotivated, stress, gampang sedih, dan sering banget gatau mau ngapain.

Cabin fever adalah sebuah sindrom yang dialami orang-orang yang terlalu lama ada di dalam ruangan. Walaupun bisa dibilang aku belum ada di titik ngerasa ada di penjara sih, karena sejujurnya aku belum sefrustasi itu, atau memang ada sebagian dari diriku yang bahagia karena aku bisa ngelakuin semua hal  dirumah aja, termasuk kerjaanku.

Well, sekarang hari pertama bulan Ramadhan di tahun 2020.

Sedikit berbeda? Tentu banyak berbeda. Meski di masjid deket rumahku masih diadain sholat berjamaah, ditengah himbauan pemerintah buat beribadah dirumah aja. Aku sama Ibu sholat dirumah, Bapak sama adek, sholat di masjid. Aku udah remind dengan segala cara, tapi yaudah, mereka punya hak untuk milih pilihannya, dan aku dengan pilihanku.

Aku cuma berfikir aja, upayaku selama kurang lebih sebulan ini untuk #dirumahaja bakal sia-sia, meski Cuma sehari aja aku misalnya ga disiplin. Dan aku gamau ikhtiarku sia-sia. Allah Maha Mengetahui.

Sekarang nggak ada pilihan lain selain menerima keadaan ini. Beradaptasi, lalu menghadapi. Nggak ada cara lain. Apapun yang terjadi sekarang ini, hidup tetep harus berlanjut. Harapan bakal selalu ada kalau kita percaya.

Sekarang semua orang melakukan apapun buat bisa survive, dan semoga yang udah bisa survive juga mau bantu orang lain buat bisa survive juga, sampai semua ini berakhir.

Sebelumnya aku sempet juga ngerasain stress selama 1 – 2 minggu awal aku WFH, my brain was stuck. Gabisa mikir apa-apa dan ga pengen ngapa-ngapain. Nyoba ini itu buat mahamin diri sendiri maunya apa. Karena aku gamau kayak gitu terus, aku gasuka diriku sendiri kalau gabisa produktif.  Akhirnya aku nemuin ramuan ajaib buat bikin moodku on, kalau aku butuh mood itu.

Dengerin ASMR.

Aku nggak nyangka-nyangka banget, kalau otakku bakal mudah ditipu segampang ini. Buka youtube, cari nature sound, yang suaranya paling kedengeran jernih dan alami. Dan bimsalabim. Aku bakal ngerasa auto seger kayak lagi ada di alam aja gitu. Bisa milih juga mau dengerin apa (kalau ini sesuai selera sih) tapi yang penting adalah suara alam. Soalnya ngerjain kerjaan sambil dengerin lagu udah ga mempan lagi buat ngilangin stress dan balikin moodku pas lagi kena cabin fever ini. And it’s work !
Thankyou teknologi. Thankyou suara alam, Thanks God.

It’s very healing me.
Dan di titik ini, aku masuk ke fase mulai bisa berkompromi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share yukk :))