Rabu, 18 Desember 2013

Camping Ceria




 -Bumi, 14-15 Desember 2013, Pet Bocor, Tretes - yang dingin.

Akhirnya ngerasain juga camping sama temen-temen. Setelah terhitung hampir 3 kali aku gak ikutan mereka, yang gak pernah bosen ngajakin aku ikut camping (soalnya akunya juga yang request hehe). Dan karena jadwal juga ‘available’ akhirnya berangkat. :D

Sesuai rencana, berangkat hari Sabtu malam jam 7. Tapi karena nungguin beberapa anak yang baru pulang kerja, akhirnya kami baru otw jam setengah 10 malam. Huftllah. Tapi semangatnya masih nge-hipp hehe :D

Okey, karena ini camping pertamaku jadi mungkin agak norak sampe gatau harus gimana dan apa yang dibawa. Harusnya hari ini aku pake sepatu atau sandal karet, lah aku malah pake sandal kodok (kurang cocok buat camping karena terlalu ‘empuk’) hehe ya namanya juga pertama kali. Terus tasku ke-berat-an. Iya, keberatan makanan, sama sekali gak keren. Padahal yang lain beratnya karena bawa tenda -__- .wushhh lanjut.
Perjalanan sekitar dua jam-an ke tretes, naik motor matic dan mencar mencar (karena ada yang keperluan lain) akhirnya nyampek juga di tretes jam 12 malam. Oh ya, hari ini pasukan yang ikut, ada 15 orang, rame kan? :D ada aku, wiwid, ocha, rina, rere, kiki, wildan, herlambang, agus, ucup,gusti,  ilham, jimbon (gatau nama aslinya), gilang, sama adiknya gilang. Walaupun ada beberapa orang yang awal rencana ikut tapi ga jadi ikut, tapi ya, ini tetep rame :D

Nyampek di pos perijinan, wildan sama kiki ngurusin tiket masuknya. Dilanjut wildan yang nyari persediaan makanan selama kita camping. (dan untuk bapak satu ini aku berikan applause, karena camping ini sukses berkat dia, iya, berkat perhitungan cermatnya, kita nggak kelaparan hehe). Sambil nunggu wildan beli makanan, kami yang nungguin bikin acara sendiri. Karena banyak cowok yang ikutan, jadi ya kalo ngobrol rame gitu, tapi karena aku ada partner duet hari ini ‘wiwid’. Jadi aku sama wiwid asik sendiri ahaha.

Sejam nungggu, wildan dateng, dan berangkat ke tempat kemah. Yang waktu tempuhnya sekitar sejam an dengan jalan kaki. (walaupun kata wildan dia pernah nempuh cuma 15 menit).  Awalnya semangat 45 jalannya, tapi baru lima menit kemudian, udah mulai kerasa ‘ berat’nya. Jalannya nanjak banget, mungkin kemiringannya 60 derajat itu gak seberapa jelas juga soalnya gelap gulita, kita cuma pake senter. Setelah sekitar 15 menit jalan, akhirnya aku nyerah, gak kuat lagi naik. (tapi ya masa’ aku minta gendong, gak mungkin banget). Terus kiki, menawarkan diri buat bawain tasku, (padahal tas carrier dibelakangnya juga udah berat banget), aku sungkan juga sebenernya, tapi gimana lagi, aku gak kuat. Dan bener aja, setelah dibawain, aku kuat nanjak lagi. Di tengah perjalanan kita nanjak, ada ‘bonus’ pemandangan malam kota malang. Iya, keliatan lampu lampu rumah berkelip, sama diatas langit ada bulan dan bintang bintang. Dan tiba-tiba aja aku nyeletuk, “Ki, bukit bintang itu kayak gini ya palingan”   “tapi katanya bintangnya juga ada dibawah kayak gini kik, kamu pernah kesana?” “Palingan angga pernah janji ke kamu kan?” “ Ehehe…” dialog terhenti. Sambil dalam hati bilang, “Kiki tau darimana? Apa memang semua cowok pernah juga mengucap yang sama, sampe ketebak gitu? Atau cuma nyeplos tapi kebetulan bener? Entahlah… mungkin kiki lupa, kalau janji itu kayak bonus bundling paket internet, kalau masa berlakunya abis, ya udah, semua bonusnya nggak berlaku lagi. Hmmm..” dan perjalanan terus berlanjut.

Sampai juga kita dilokasi camping. Bangun tenda. Dan makasi banget buat pak wildan yang udah ngajarin bangun tenda dengan ‘telaten’ ahaha, sama temen temen yang lain juga. Tenda udah selesai, waktunya makan malam (makanan yang udah dibeliin wildan tadi). Menunya kilat, nasi, tahu, tempe, dan sambel. Tapi khusus malam ini, rasanya enak, entah karena laper atau memang enak, atau karena makannya bareng di tengah hutan haha. Dan karena dingin banget, maka makan malam itu tidak terlewat dari (sorry) ‘ parade kentut’. Ya, hawa dinginnya bikin perut kembung maksimal. Kalau aku sih masih bisa nahan nahan soalnya lagi makan juga, tapi yang cowok cowok itu loh, duh, yaudahlah terimalah teman temanmu apa adanya, hmmm. Selesai makan kita tidur. Jam menunjukan jam 3 pagi, aku buka hape buat ngecek sosmed yang ternyata hapeku ada sinyalnya haha. Dan tanpa sadar keblabasan tidur. Saking dinginnya, aku yang tidur pake jaket, kaos kaki dobel, dan selimutan pun juga masih aja kedinginan. Yaa,, aku memang paling gabisa nahan kedinginan -__-

Dan karena kedinginan juga, akhirnya aku, wiwid, ocha, kompak bangun jam setengah 6 pagi karena kebelet buang air. Emmm, jangan ditanya toiletnya ya, ya bayangin aja toilet ditengah hutan, masih syukur ada toilet, walaupun ya gitu itu. Udah gitu, kita bertiga bikin sarapan buat diri kita sendiri ahaha, lah yang lain belum bangun. Sebelum wildan bangun dan mengutus kami buat masak sarapan bersama. Oh ya, sarapan hari ini bisa dibilang spesial untuk sarapan ditengah hutan. Ada kornet, sarden, tumis wortel, buncis dan tumis sawi. Karena ini camping ceria, jadi ya masaknya keroyokan ehehe, tapi nyenengin, nyenyumin.. ada yang masak, ada yang nyiapin nasi, ada yang gitaran, ada yang nyayi-nyanyi ya emm, nyenyumin kan? ehehe...

Yups, terus kita makan pagi setengah siang dengan riang. (ahaha agak alay) dan dari semua menu yang ada, sarden racikannya gusti yang paling ehemm banget rasanya, selera makan jadi bertambah. Tapi yang lain bukan berarti ga enak, terlepas dari segala rasa ‘masako’ nya tapi tetep enak dimakan juga. Hehe. Setelah makan, kita packing dan bongkar tenda buat ngelanjutin perjalanan ke air terjun alap-alap. Yang ada lebih keatas lagi. Tapi menurutku bagian ini yang paling ‘seru’. “Perasaan kita baru aja bangun tenda, sekarang udah dibongkar.” “Ya gini ini jadi orang gunung, harus sabar, kalau ndaki gunung, berhenti istirahat bangun tenda, terus bongkar ngelanjutin pendakian, bangun tenda lagi bongkar tenda lagi, ya gitu terus sampe nyampe puncak.” Kiki nyaut. Hmmm iyaa, kalian emang keren deh pokoknya :))

Berangkat dari lokasi bangun tenda jam 12 siang, jalan kaki satu setengah jam an buat nyampe di alap alap. Perjalanannya ini seru banget, sampe nyeletuk  ‘ Life is an adventure’ ya pas perjalanan ini. Aku bingung juga mau ngejelasinnya gimana, kira-kira jalanannya itu naik turun, licin, setapak, dan ada beberapa medan yang butuh kerjasama. Pokoknya seru. Dan jujur aja, ada perasaan semacam ‘takut nyasar ditengah hutan’ bayangin aja, yang mau ke air terjun cuma kami aja. Sebelum ada dua mas mas yang tiba-tiba nongol gabung sama kita. Dan yaa, taraa kita sampai di air terjun alap-alap.

Batu-batu besar, dan aliran air. Itu yang pertama kali disuguhkan. Sedangkan air terjunnya sendiri masih ada di atasnya, jadi harus naik naik batu lagi buat nyampek kesana. Aku sempet bilang gak ikut naik, dan milih nunggu dibawah aja karena gak yakin bisa naik, sebelum agus bilang mau bantuin aku naik dan wildan yang daritadi bilang ‘sayang loh kalau gak naik, udah nyampek sini juga’, okey, akhirnya dengan dibantu kedua anak itu aku berhasil naik :D dan hmmm mission completed. Terbayar semuanya. Subhanallah. Ada semacam surga kecil ditengah hutan. :)

Waktu itu, aku polisi waktu nya, anak-anak cowok udah pada girang banget ketemu air terjun, ituloh kayak ketemu saudara  mereka yang lama gak ketemu. Norak bangetlah pokoknya ahaha. Iya, saudara. Aku ngeliatnya begitu. Mungkin pecinta alam memang begitu, menganggap alam adalah saudaranya. Ketika bertemu jadinya begitu. Hehe, cool. Aku kasih waktu sampai jam setengah tiga. Pas itu masih jam dua kurang lima. Dan tanpa disangka sepuluh menit kemudian, tiba tiba mendung dateng kabut tipis dan hujan. Hujan yang lumayan deres. Seketika suasana jadi ‘sedikit panik’. Wildan ngasih komando buat cepet pake jas hujan, dan segera turun, ‘lewat batu batu tadi’. Sebelum batu yang tadinya kering jadi licin semua kena air hujan dan itu bahaya. Setengah keburu buru dan harus hati hati, akhirnya sampai juga dibawah dengan selamat, walaupun masih deg-degan. Aku, wiwid, ucup, wildan, kiki, jalan duluan. Sedangkan yang lain masih dibelakang antri turun. Hujan-hujan dan gak pake sandal gara gara licin. Wiwid yang kata ucup, udah kayak batman karena jas hujannya kegedean ahaha. Oh ya, daritadi wiwid sama si ucup ngocol terus, sampe dibilang cinlok ahaha. Gapapa deh *loh. Piss. Tapi ya emang sih, semenjak berangkat sampek perjalanan pulang ini si ucup sukses jadi joker, maksudnya pelawak. Bikin ketawa terus daritadi ehehe. Gapapa juga, jadi perjalanan jadi gak kerasa. Terus karena masih hujan juga, wildan sempet mau bangun tenda di tengah hutan situ, buat anak anak ganti baju. Tapi karena makin turun makin terang, akhirnya gak jadi bangun tenda. Sambil nungguin rombongan belakang. Jadi kefikiran, “mungkin tadi kita emang diusir air terjunnya” ya kalo gak gitu mungkin emang kami gak pulang-pulang. Hmmm ambil hikmahnya aja. :)

Rombongan dateng dan ngelanjut perjalanan dengan rute yang sama kayak berangkat tapi dengan jalan yang lebih licin. Setelah satu setengah jam  an kemudian, sampailah kita di hutan pinus, yang ada toiletnya. Okey, break time. Ada yang mandi, ada yang makan, ada yang foto-foto. Sambil ngelepas lelah. Udah selesai semuanya. Jam setengah lima sore. Lagi lagi, gerimis dateng dan kali ini kabut tebal yang dateng. Okey, kita disuruh pulang beneran, sebelum langit gelap. Dan jangan dikira turun gunung itu lebih enak ya, justru ekstra hati hati. Kali ini aku bener bener udah gak kuat lagi, kaki kananku kayaknya agak bermasalah. Aku kepisah dari rombongan. Jalan sendirian pelan pelan jauh dibelakang mereka. Dan tenyata jauh dibelakangku ada gilang sama adiknya yang juga keliatan capek. Sebelum temen temen didepan memutuskan berhenti, nungguin dan menggandengku. *jujur aja ini bikin terharu* eitts yang gandeng aku wiwid kok hehe.

Finally kita pulang, dan karena capek maksimal, dimotor dengan berbantal tasnya rere aku tidur. Sebelum akhirnya semua motor berhenti di alfamart,dan kiki tiba-tiba masuk alfamart dengan emmm ahahaha.. okey akan aku coba jelasin wujud kiki saat itu. Jadi karena tadi hujan dan dia basah basahan, dan gak bawa baju ganti lagi akhirnya dia pulang dengan hanya memakai jaket dan sarung. Dengan memakai sepatu boat dan tas carrier menjulang tinggi dipunggungnya, rambut atasnya dikuncir dan masuk alfamart. Ahaha, ajaib banget kan. disangka orang gila kali ya, hmm sorry kik, tapi kamu kan emang gila, gila kerennya :D *ngeles* dan lanjut pulang. 

Jam setengah delapan malem, nyampek rumahnya gusti. Mau langsung pulang, tapi disuruh temen-temen nge-istirahatin kaki dulu. Diambilin herlambang kopi, (kopinya panas banget tapi). Sambil ngangetin badan sama kopi, dengan sisa tenaga, ikutan ketawa-ketiwi sama anak anak yang daritadi ngelawak terus. Saking capeknya, tenaga buat ketawa aja udah ga ada. Ahaha. Parah banget. Kopiku habis, dan aku pulang kerumah, nyetir sendiri. Dan terhitung lima kali “kesliyep’’ di jalan, astaghfirullah, iya bahkan aku ketiduran sampek mimpi, astaghfirullah. Meskipun udah makan permen dan nyanyi nyanyi juga masih ketiduran juga. Aku pasrah. “Ya Allah lindungi perjalananku ini, amin” dan sesampainya dirumah, aku nggak berhenti ngucap Alhamdulillah, karena selamat sampai rumah, pengen nangis sebenernya. Hehehiks.
Nyampe rumah cuci muka, dan diinterogasi sama ismail, “Gimana mbak tadi campingnya? Ayo mbak cerita! Mana fotonya mbak? Ah kamu ‘goro’ paling mbak?” akhirnya, sebelum tidur, aku dongengin dia dulu sama ceritaku ini, sambil dia mijitin kakiku, sampai akhirnya akunya ketiduran.

Well, Readers, janjiku cerita camping ini udahan ya. Maaf baru nulis sekarang, ini karena badan dan mataku baru pulih hehe. Lebih cepat dari perkiraan malah. Terimakasi sudah meluangkan waktu untuk membaca ini, tunggu ceritaku selanjutnya ya Readers.. :)

“Dhan, tahun baru besok kita mau ke pet bocor level dua, mau ikut?” – Kiki 


2 komentar:

  1. Dhan, seneng baca ini. ngakak pas bagian kiki masuk alfamart XD
    aku bisa bayangin wujudnya seperti apa. ahahahaha
    dia emang kocak dan gila :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehehe iya kak, temanku yg satu itu emang ajaib :D

      Thanks udah baca kak ziah hihi :)) :3

      Hapus

Share yukk :))